PELUANG BISNIS DESAIN KARAKTER UNTUK VIDEO GAME



" KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS "

PELUANG BISNIS  DESAIN KARAKTER UNTUK VIDEO GAME


Dedi Setiadi
                                                             16.11.0783






A. ABSTRAK
             Masih di bidang teknologi, memang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi akan terus berkembang dengan pesat seiring berjalannya waktu. Begitupun dengan peluang bisnis yang ada di dalamnya, akan terus bermunculan bisnis-bisnis baru yang beraneka ragam uniknya. Bisnis desain karakter sebuah game masih merupakan salah satu bisnis dengan potensi pasar yang sangat besar karena sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis ini tidak begitu dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia. Maka dari itu, pada karya tulis ini, Saya akan mengungkap kembali dan memberi tema “ Peluang Bisnis Desain Karakter untuk Video Game ”.

Tapi, perlu untuk diketahui apabila bisnis ini dikelola dengan sungguh-sungguh, ada kemungkinan tingkat perekonomian kita akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu dan kedewasaan usaha kita. Namun, di sisi lain, kita harus mengetahui kalau bisnis ini termasuk membutuhkan modal keahlian yang tidak bisa ditawar-tawar serta memiliki banyak hambatan dan tantangan.

Deskripsi pekerjaan seorang yang menggeluti usaha perencanaan karakter video game adalah seperti ini : membuat gambar atau sketsa, bisa 2D atau 3D, sesuai dengan jenis video game yang akan dibuatnya. Selain itu, karakter yang telah dibuat tersebut juga harus diberi berbagai kostum yang mendukung dan menarik. Tanpa adanya kostum, karakter tampak lebih hidup, dan tentu dapat menarik para vendor pembuat video game.

Hal yang tidak boleh terlupakan adalah adanya berbagai penemuan senjata dari karakter yang telah dibuat. Usahakan selalu membuat berbagai senjata baru sehingga memberikan kesan bahwa video yang nantinya akan dibuat termasuk video game dengan update terbaru. Berbagai istilah senjata baru tersebut sebisa mungkin tidak sama dengan yang sudah ada, dan kita juga bisa memberikan nama yang sangat unik terhadap senjata buatan kita tersebut.

Karakter video game yang diciptakan harus mengikuti alur video game itu sendiri. Misalnya, kita membuat pesanan desain karakter seorang perempuan terpelajar namun tiba-tiba terlibat petualangan. Tentu kita tidak mungkin membuat karakter wanita dengan postur tubuh gendut dan berkostum petani. Sebaliknya, akan lebih tampak bagus bila kita membuat desain gambar wanita muda, cantik, tinggi, bisa berkacamata ataupun tidak.


B. ISI
Asal usul permainan video/ video game berasal dari awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an. Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan (kebanyakan di komputer mainframe), secara bertahap tingkat kecanggihannya dan kompleksitasnya pun turut bertambah. Setelah periode ini, video game menyimpang ke berbagai platform : arcade, mainframe, konsol, komputer pribadi dan kemudian permainan genggam.

Dalam menjalankan bisnis desain karakter video game, ada beberapa hal yang wajib diketahui oleh para desainer karakter maupun calon pendiri usaha desainer karakter video game. Hal-hal tersebut diantaranya pertama adalah pangsa pasar yang besar dan didukung oleh pengguna video game yang sangat besar tentu menimbulkan adanya persaingan yang sangat ketat sehingga kita harus selalu berusaha mengembangkan kemampuan kita dari sisi desain grafis. Besarnya potensi pasar ini tidak terlepas dari rendahnya animo masyarakat terhadap bisnis jenis ini.

Sayangnya bisnis membuat karakter video game tidak begitu diminati di Indonesia. Salah satu pemicunya adalah karena rendahnya pengetahuan masyarakat tentang peluang bisnis jenis ini. Tentu saja peluang ini masih akan terus ada selama bisnis game di Indonesia masih eksis. Yang perlu diketahui lagi oleh para desainer karakter video game, yaitu konsumen selalu menginginkan adanya perubahan atau jenis game baru dengan game story atau game board yang berbeda. Hal tersebut merupakan salah satu peluang yang tidak akan ada habisnya sehingga bisnis pembuatan desain karakter tetap selalu ada.

Kedua, berikan ciri khas yang khusus mengenai tokoh karakter yang kita buat. Karena penjiwaan desain sebuah karakter harus sangat kuat sehingga desain tersebut tampak hidup.

Bila kita mendapat pesanan atau order pembuatan desain karakter video game, kita harus meminta detail video game yang akan dibuat. Detai tersebut bisa saja dimulai dari genre atau jenis video game yang akan dibuat, alur cerita dari sebuah video game, teknologi atau platform video game, apakah 2D atau 3D.



C. REFERENSI
buku 30 Bisnis Berbasis Ide untukSiapapun


PELUANG BISNIS DESAIN KARAKTER UNTUK VIDEO GAME PELUANG BISNIS  DESAIN KARAKTER UNTUK VIDEO GAME Reviewed by tugasdedi on 6:31 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.